Program studi : Progam Studi PGSD.
Mata kuliah : Pembelajaran terpadu
Kode mata kuliah :
Jumlah SKS : 2
Semester : V (lima).
Pra syarat : Perencanaan Pembelajaran, Strategi Belajar dan Pembelajaran.
Deskripsi mata kuliah :
Peserta didik yang berada pada sekolah dasar kelas satu, dua, dan tiga sekolah dasar berada pada rentangan usia dini. Pada usia tersebut seluruh aspek perkembangan kecerdasan seperti IQ, EQ, dan SQ tumbuh dan berkembang sangat luar biasa. Pada umumnya tingkat perkembangan masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik) dan telah mampu memahami hubungan antara konsep secara sederhana. Proses pembelajaran masih bergantung kepada objek-objek konkrit dan pengalaman yang dialami secara langsung.
Saat ini, pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SD kelas I – III untuk setiap mata pelajaran dilakukan secara terpisah, misalnya IPA 2 jam pelajaran, IPS 2 jam pelajaran, dan Bahasa Indonesia 2 jam pelajaran. Dalam pelaksanaan kegiatannya dilakukan secara murni mata pelajaran yaitu hanya mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang berhubungan dengan mata pelajaran itu. Sesuai dengan tahapan perkembangan anak yang masih melihat segala sesuatu sebagai suatu keutuhan (holistic), pembelajaran yang menyajikan mata pelajaran secara terpisah akan menyebabkan kurang mengembangkan anak untuk berpikir holistik dan membuat kesulitan bagi peserta didik.
Atas dasar pemikiran di atas dan dalam rangka implementasi Standar Isi yang termuat dalam Standar Nasional Pendidikan, maka pembelajaran pada kelas awal sekolah dasar yakni kelas satu, dua, dan tiga lebih sesuai jika dikelola dalam pembelajaran terpadu melalui pendekatan pembelajaran tematik.
Ruang lingkup pengembangan pembelajaran tematik meliputi seluruh mata pelajaran pada kelas I - III Sekolah Dasar, yaitu: Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni Budaya dan Keterampilan, serta Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan.
Anak usia sekolah dasar berada pada tahapan operasi konkret. Pada rentang usia tersebut anak mulai menunjukkan perilaku belajar sebagai berikut: (1) Mulai memandang dunia secara objektif, bergeser dari satu aspek situasi ke aspek lain secara reflektif dan memandang unsur-unsur secara serentak, (2) Mulai berpikir secara operasional, (3) Mempergunakan cara berpikir operasional untuk mengklasifikasikan benda-benda, (4) Membentuk dan mempergunakan keterhubungan aturan-aturan, prinsip ilmiah sederhana, dan mempergunakan hubungan sebab akibat, dan (5) Memahami konsep substansi, volume zat cair, panjang, lebar, luas, dan berat.
Standar Kompetensi;
Setelah mahasiswa mengikuti dan berprestasi dalam perkuliahan ini diharapkan dapat :
1. Memiliki pengetahuan dan wawasan tentang pembelajaran terpadu dengan pendekatan tematik di SD.
2. Memberi pemahaman kepada calon guru tentang pembelajaran tematik yang sesuai dengan perkembangan peserta didik kelas awal Sekolah Dasar.
3. Memberikan wawasan dan pemahaman bagi guru tentang pembelajaran IPA dan IPS terpadu melalui pendekatan tematik.
4. Membimbing mahasiswa agar memiliki kemampuan melaksanakan pembelajaran terpadu antardisiplin ilmu-ilmu sosial pada mata pelajaran IPS
5. Memberikan keterampilan kepada guru untuk dapat menyusun rencana pembelajaran (memetakan kompentensi, menyusun silabus, dan menjabarkan silabus menjadi desain pembelajaran/rencana pelaksanaan pembelajaran) dan penilaian secara terpadu dalam pembelajaran IPA dan IPS.
6. Memberikan acuan dasar dalam pelaksanaan pembelajaran IPA dan IPS Terpadu di SD/MTs
Strategi Pembelajaran.
Kompetensi Dasar | Indikator | Pengalaman belajar | Materi pokok pembelajaran | Waktu. | Alat/sumber belajar | Penilaian. |
1. Memiliki pengetahuan dan wawasan tentang pembelajaran terpadu dengan pendekatan tematik. | 1.1. Menjelaskan aspek perkembangan kecerdasan anak usia SD seperti; IQ, EQ, dan SQ, 1.2. Mengilustrasikan hubungan antara konsep secara sederhana, 1.3. Membedakan pembelajaran bertumpu pada objek- objek konkrit dan pengalaman langsung | 1. Mengkaji pengertian pembelajaran terpadu dengan pendekatan tematik. 2. Memahami latar belakang dipilihnya pembelajaran terpadu dengan pendekatan tematik. | Pengertian dan Latar belakang pembelajaran terpadu dengan pendekatan tematik di SD: | 100’ | 1. Peta konsep Buatan guru. 2. Kertas Plano Sumber ; Model Pembelajaran Tematik, Kelas Awal SD, Puskur, Balitbang, Depdiknas, 2006, www.puskur.net | 1. Tes dan atau non tes 2. Observasi dilingkungan keluarga. |
2. Memberi pemahaman kepada calon guru tentang pembelajaran tematik yang sesuai dengan perkembangan peserta didik kelas awal Sekolah Dasar. | 2.1.Mengidentifikasikarakteristikperkembangan anakpada kelas satu, duadan tiga SD.2.2. Menunjukkanekspresi dan reaksiterhadap orang lain,2.3. Mengontrol emosi,dan kemampuanberpisah denganorang tua,2.4. Menunjukkanperbedaan mana yangbenar dan yang salah. | Memahami karaktersik perkembangan anak usia SD. | Karakteristik Perkembangan anak usia kelas awal SD: | 100’ | 1. kertas folio – Buram 2. kartu utk pembagian kelompok. Sumber ; Model Pembelajaran Tematik, Kelas Awal SD, Puskur, Balitbang, Depdiknas, 2006, http://www.puskur.net/ | 1. presentasi elompok. 2. kinerja elompok. 3. hasil kerja elompok. |
3. Mendiskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran bermakna. | 3.1. Menyebutkan pengertian Belajar dan pembelajaran bermakna. 3.2. Memadukannya secara harmonis konsep dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan. | Mengkaji secara mendalam tentang belajar dan pembelajaran bermakna. | Belajar dan Pembelajaran Bermakna: | 1100; | Peta konsep buatan guru. Sumber ; Model Pembelajaran Tematik, Kelas Awal SD, Puskur, Balitbang, Depdiknas, 2006, http://www.puskur.net/ | pemberian tugas individu tugas kelompok. tes, non tes |
4. Menjelaskan Pengertian dan Landasan Pembelajaran Tematik | 4.1. Pengertian pembelajaan tematik . 4. 2. Landasan Pembelajaran tematik mencakup: Landasan filosofis, psikologis, yuridis. | Mengkaji secara mendalam Pengertian dan Landasan Pembelajaran Tematik | Pengertian dan Landasan Pembelajaran Tematik | 1100’ | Peta konsep buatan guru. Sumber ; Model Pembelajaran Tematik, Kelas Awal SD, Puskur, Balitbang, Depdiknas, 2006, www.puskur.net | pemberian tugas individu tugas kelompok. tes, non tes |
5. Merencanakan, menlaksnakan dan mengevaluasi pembelajaran dengan pendekatan tematik. | 5,1. Mengimplikasikan pada guru, siswa, metode, sarana prasana, sumber, pengaturan ruangan dan pemilihan media. | Mencoba dan melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan tematik | Implikasi pembelajaran tematik: | 100’ | kertas atau kartu pembagian kelompok. Sumber ; Model Pembelajaran Tematik, Kelas Awal SD, Puskur, Balitbang, Depdiknas, 2006, www.puskur.net | 1. tugas kelompok. 2. presentasi laporan |
6. Menjelaskan pelaksanaan pembelajaran tematik sejak persiapan, proses pelaksanaan pembelajaran dan penilaian. | 6.1.Mendeskripsikan proses pembelajaran tematik dari tahap persiapan, proses pelaksanaan pembelajaran dan penilaian. | Mengkaji dan memahami tentang proses pembelajaran tematik | Proses pelaksanaan pembelajaran tematik | 100’ | kertas atau kartu pembagian kelompok Sumber ; Model Pembelajaran Tematik, Kelas Awal SD, Puskur, Balitbang, Depdiknas, 2006, www.puskur.net | 1. tugas kelompok. 2. presentasi laporan |
7. Memahami makna peta kompetensi, membuat jaringan tema, mengembangkan silabus dan RPP | 7.1. Menggunakan pemetaan standar kompetensi dengan tema 7.2. Membuat aringan tema Mengembagkan silabus 7.3 Mengembangkan rencana pembelajaran tematik | Mengkaji dan membuat desain pembelajaran tematikdi SD. | Membuat desain pembelajaran tematik di SD. | 100’ | kertas atau kartu pembagian kelompok Sumber ; Model Pembelajaran Tematik, Kelas Awal SD, Puskur, Balitbang, Depdiknas, 2006, www.puskur.net | 1. tugas kelompok. 2. presentasi Laporan. 3. diskusi kelas |
UJIAN TENGAH SEMESTER | ||||||
8. Mendeskripsikan pengertian, dan cirri-ciri Pembelajaran IPA/IPS terpadu | 1. Pengertian dan cakupan IPA an IPS. 2. Ciri-ciri IPA dan IPS. 3. Kemampuan yang dikembangkan dalam IPA dan IPS | Menjelaskan karakteristik pembelajaran IPA dan IPS terpadu. | Karakteristik Pembelajaran IPA dan IPS terpadu: | 100’ | Buku teks IPS Sumber : PANDUAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU, Departemen Pendidikan Nasional Jakarta Tahun 2006, www.puskur.net | Presentasi kelompokkinerja kelompok |
9. Memahami dan mampu menerapkan konsep pembelajaran terpadu dalam mengajar di kelas. | 9.1. Meenunjukkan manfaat pembelajaran IPA terpadu. 9.2.Mendiskripsikan tujuan diplihnya pembelajaran IPA terpadu. 9.3. Mengidentifikasi kelemahan pembelajaran IPA terpadu. | Mengkaji dan mendiskusikan pembelajaran IPA/IPS terpadu. | Konsep Pembelajaran Terpadu dalam IPA dan IPS. | 100’ | Alat peraga IPA. Sumber; PANDUAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU, Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas. http://www.puskur.net/ | Presentasi kelompok. kinerjakelompok. |
10. Merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi model integrsi berdasarkan topik potensi utama dan permasalahan IPA, | 10.1. Membuat RPP Model Integrasi Berdasarkan Topik, Potensi utama, Permasalahan dalam IPA.10.2. Melaksanakan pembelajaran model Integrasi Berdasarkan Topik, Potensi utama, Permasalahan dalam IPS. | Menerapkan beberapa model penyajian bahan ajar di kelas. | Model penyajian bahan ajar :untuk pembelajaran tematik | 100’ | Buku teks IPS Sumber : PANDUAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU, Departemen Pendidikan Nasional Jakarta Tahun 2006, www.puskur.net PANDUAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU, Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas. http://www.puskur.net/ | Presentasi |
11. Mendeskripsikan tahapan pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu di kelas maupun diuar kelas / Laboratorium. | 11.1. Menyusun Desain / Rencana pelaksanaan pembelajaran,11. 2. Menjelakan secara urut Proses pelaksanaan pembelajaran terpadu, 11.3. Memepersiapkan desain dan alat Penilaian pembelajaran IPA terpadu. | Mengobservasi pelaksanaan pembelajaran terpaduMengembangkan pelaksanaan pembelajaran terpadu | Pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu: | 100’ | Alat peraga IPA. Sumber; PANDUAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU, Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas. http://www.puskur.net/ | Penilaian laporan kerja |
12. Mengidentifikasi Karakteristik, cirri-ciri dan cakupan materi yang dapat dipadukan dalam pembelajaran terpadu. | 12.1. Menyebutkan Pengertian dan cakupan konsep materi yang dapat dipadukan 12.2. Menunjukkan Ciri-ciri materi pembemlajaran terpadu dan cakupannya 12.3. Mendeskripsikan Kemampuan yang dikembangkan dalam pembelajaran terpadu | Membahas dan mediskusikan karakteristik materi yang dapat dipadukan dalam pembelajaran terpadu | Karakteristik Pembelajaran terpadu: dan materi ayng dapat dipadukan. | 100’ | slabusforrm RPP | Hasil kerja indv / kelompok |
13. Merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi model integrsi berdasarkan topik potensi utama dan permasalahan IPS | 13.1. Membuat RPP Model Integrasi Berdasarkan Topik, Potensi utama, Permasalahan dalam IPS.13.2. Melaksanakan pembelajaran model Integrasi Berdasarkan Topik, Potensi utama, Permasalahan dalam IPS | Menerapkan beberapa model penyajian bahan ajar di kelas. | Model penyajian bahaan ajar : moddel pembelajaran terpadu | 100’ | Buku teks IPS Sumber : PANDUAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU, Departemen Pendidikan Nasional Jakarta Tahun 2006, www.puskur.net | Laporan hasil kerja kelompok |
14. Mencoba mempraktekan pembelajaran IPS terpadu di lab. Micro Teaching, dengan model fragmented, connected, nested, sequenced, shared, webbed, treaded, integreated, immersed, network, | 14.1. Menyusun RPP Ter[adu. 14.2. Menjelaskan tahapan Proses pelaksanaan Terpadu 14.3. Melaksanakan Penilaian | Mendapat pengalaman maenerapkan pembelajaran secara terpadu dengan model fragmented, connected, nested, sequenced, shared, webbed, treaded, integreated, immersed, network,. | Pelaksanaan pembelajaran IPS terpadu: dengan model fragmented, connected, nested, sequenced, shared, webbed, treaded, integreated, immersed, network, | 100’ | Alat peraga IPA. Sumber; PANDUAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU, Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas. http://www.puskur.net/ | Presentasi hasil kerja. |
UJIAN AKHIR SEMESTER. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar