Rabu, 03 Agustus 2011

RPP TEMATIK

                       
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 1
TEMA: DIRI SENDIRI
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU

I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
1.1    Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
2.   BAHASA INDONESIA
1.1    Melakukan sesuatu berdasarkart penjelasan yang disampaikan secara lisan
2.1    Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
3.1    Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
4.1    Menyusun paragraf ber-dasarkan bahari yang tersedia dengan memper-hatikan penggunaan ejaan
3.   MATEMATIKA
1.1    Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
2.1    Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM .
1.1    MendiskriIPSikan ciri-ciri den kebutuhari makhluk hidup.
5.   LMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.1    Menceritakan Iingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
II.   INDIKATOR
1.   PKN
·         Mengetahui makna sumpah pemuda
·         Mengetahui Iahirnya sumpeh pemuda
2.   BAHASA INDONESIA
·         Mendengarkan penjelasan
·         Menganalisa penjelasan
·         Melaksanakan penjelasan
·         Melengkapi kaUmat penjelasan
·         Menceritakan pengalaman pribadi
·         Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·         Menyusun paragraf sederhana dengan memperhetikan penggunaan ejaan
3.   MATEMATIKA
·         Menggambar gahs bitangan
·         Menentukan etak bilangan pada garis bHarigan.
·         Menyebutkan nama alat ukur
·         Menyebutkan fungsi alat ukur
·         Mengukur dengan alat ukur
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM
·         Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
·         Membedakan antara makhluk hidup dan tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-ciri.
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
·         Menyebutkan lingkungan alam buatan
·         Menyebutkan Iingkungan alam alami
·         Menjelasken alam
III.  LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A.      KEGIATAN AWAL                                                                        
1.   Doa bersama
2.   Absensi siswa
3.   Appersepsi Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
B.      KEGIATAN Inti                                                                                    
1    Mengidentifikasi jenis kelamin
2    Mengenal makna satu nyse
3    Mengenal makna satu bangsa
4.   Mengenal makna satu bahasa                                               
5.   Mendengarkan penjelasan
6.   Menganalisa penjelasan
7.   Melaksanakan penjelasan
8.   Melengkapi kalimat penjelasan
9.   Menceritakan pengalaman pribadi


10. Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan afal dan intonasi yang tepat
11. Menyusun paragraf berdasarkan bahari yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
12. Menggambar garis bilangan
13. Menentukan etak bilangan pada garis bilangan
14. Menyebutkan nama alat ukur
15. Menyebutkan fungsi alat ukur
16. Mengukur dengan alat ukur
17. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
18. Membandingkan ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup
19. Menjelaskan alam buatan dan alam alami
20. Mengidentifikasikan alam
21. Menceritakan alam
(Langkah-Jangkah kegia tan disesuaikan den gan jadwal pelajaran masing­masing sekoIah)
C.     KEGIATAN AKHIR
1.   Siswa melaksanakan tugas portofolio
2.   Pelajaran  ditutup dengan agu “Satu Nusa Satu Bangsa”
IV.  METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A.      METODE
1.   Ceramah                                    4. Tanya Jawab .
2.   Demonstrasi                               5. Tugas
3.   Game
B.      SUMBER
1.   Buku Tematik Kelas
      (Terdiri dan PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
2.   Pengembangan Guru
C.     MEDIA
1.   Kartu bilangan                            2. Kartu huruf
3.   Kantu kata                                  4. Gambar-gambar yang relevan
V.   PENILAIAN
1.   Lisan                                           2. Tertulis
3.   Perbuatan                                  4.  Portofolio
                                          
Mengetahui,                                                                         Manggala :juni  2011
Kepala Sekolah                                                                    Guru Kelas:III



SANGKALA,S.Pd.I                                                              SUPARDI,S.Pd
NIP:195407051988031006                                                 NIP:196508102006041008
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 1
TEMA: KELUARGA
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU

I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
1.1    Mengamalkan nilai nilai sumpah pemuda
2.   BAHASA INDONESIA
1.1    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
         Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
         Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
         Menyusun paragraf ber-dasarkan bahari yang tersedia dengan memper-hatikan penggunaan ejaan
3.   MATEMATIKA
2.1    Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, Umbangan, atau jam) Melakukan penjumlahan dan perigurangan tiga angka.
Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, tim-bangan, atau jam)
4.   ILMUPENGETAHUANAL.AM .
1.1   Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.1    Memelihara Iingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
II.   INDIKATOR
1.   PKN
·         Meneladani jiwa sumpah pemuda, persatuan dan kesatuan, rela  berkorban
2.   BAHASA INDONESIA
·         Menyusun paragraf sederhdna dengan memperhatikan pengguhaan ejaan
·         Mendengarkan penjelasan
·         Menganalisa penjelasan
·         Melaksanakan penjelasan
·         Melengkapi kalimat penjelasan
·         Menceritakan pengalaman pribadi
·         Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·         Menyusun paragraf sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan
3.   MATEMATIKA
·         Menggambar garis bilangan
·         Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
·         Menyebutkan nama alat ukur
·         Menyebutkan fungsi alat ukur
·         Mengukur dengan alat ukur
·         Menjumlahkan tiga angka tanpa teknik menyimpan
·         Menjumlahkan tiga angka dengan teknik menyimpan
·         Mengurangkan tiga angka tanpa teknik meminjam
·         Mengurangkan tiga angka dengan teknik meminjam
·         Menyebutkan nama alat ukur
·         Meriyebutkan fungsi alat ukur
·         Mengukur dengan alat ukur
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM
·         Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
·         Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan hewan dan tumbuhari
·         Menggoiongkan hewan berdasarkan persamean ciri-cirinya.
·         Menggolongkan tumbuhari berdasarkan persamean ciri-cirinya
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
·         Menjelaskan alam
·         Menyebutkan cara merawat alam dan buatan
·         Melaksanakan atau merawat alam
III.  LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A.      KEGIATAN AWAL                                                                        
1.   Doa bersama
2.   Absensi siswa
3.   Appersepsi Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”


B.      KEGIATAN Inti                                                                                    
1    Mengidentifikasi jenis kelamin
2.   Melakukan kebiasaan hidup bersatu dalam kehidupan sehari-hari
3.   Menyebutkan arti rela berkorban
4.   Mendengarkan penjelasan
5.   Menganalisa penjelasan
6.   Melaksanakan penjelasan
7.   Melengkapi kalimat penjelasan
8.   Menceritakan pengalaman pribadi
9.   Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
10, Menyusun paragraf berdasarkan. bahari yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
11. Menjumlahkan tiga angka tanpa teknik menyimpan
12. Menjumlahkan tiga angka dengan teknik menyimpan
13. Mengurangkan tiga angka tanpa teknik meminjam
14. Mengurangkan tiga angka dengan teknik meminjam
15. Menyebutkan nama alat ukur
16. Menyebutkan fungsi alat Ukur
17. Mengukur dengan alat ukur
18. Menggolongkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya. .
19, Mengebmpokkan hewan berdasarkan persamaan ciri-cirinya.
20. Mengelompokkan tumbuhari berdasarkan persamaan ciri-cirinya.
21. Menerangkan cara merawat alam dan buatan
(Langkah-Jangkah kegia tan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing­masing sekoIah)
C.     KEGIATAN AKHIR
1.   Siswa melaksanakan tugas portofolio
2.   Pelajaran  ditutup dengan agu “Satu Nusa Satu Bangsa”
IV.  METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A.      METODE
1.   Ceramah                                    4. Tanya Jawab .
2.   Demonstrasi                               5. Tugas
3.   Game
B.      SUMBER
1.   Buku Tematik Kelas I
      (Terdiri dan PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
2.   Pengembangan Guru
C.     MEDIA
1.   Kartu bilangan                            2. Kartu huruf
3.   Kantu kata                                  4. Gambar-gambar yang relevan
V.   PENILAIAN
1.   Lisan                                           2. Tertulis
3.   Perbuatan                                  4.  Portofolio
                                          
Mengetahui,                                                                                          
                                                                                             Manggala :juni  2011
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas:III



SANGKALA,S.Pd.I                                                                 SUPARDI,S.Pd
NIP:195407051988031006                                                      NIP:196508102006041008













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 1
TEMA: LINGKUNGAN
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU

I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
1.1    Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masya-rakat sekitar
2.   BAHASA INDONESIA
1.1    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
2.1    Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah
3.2    Menjelaskan isi teks (100- 150 kata) melaIui membaca intensif
4.1    Menyusun paragraf berdasarkan bahari yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
3.   MATEMATIKA
1.3    Melakukan perkalian yang hasflnya bitangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka
2.2    Menggunakan alat. ukur dalam pemecahari masalah
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM .
2.1    Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat berdasarkan pengamatan. sekitar.
5.   LMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.1    Memelihara ingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
II.   INDIKATOR
1.   PKN
·         Memberi contoh kemajemukan aturan-aturan yang beriaku di masyarakat Mengetahui Iahirnya sumpeh pemuda
2.   BAHASA INDONESIA
·         Mendengarkan penjelasan
·         Mendengarkan penjetasan
·         Menganalisa penjelasan
·         Metaksanakan penjetasan
·         Melengkapi kalimat penjelasan
·         Menceritakan pengalaman pribadi
·         Menjelaskan isi bacaan
·         Menjawab pertanyaan bacaan
·         Menyusun paragraf sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan
3.   MATEMATIKA
·         Perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
·         Pembagian bitangan tiga angka
·         Menyebutkan nama atat ukur
·         Menyebutkan fungsi alat ukur
·         Mengukur dengan alat ukur
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM
·         Membedakan kondisi ingkungan sehat dan tidak sehat.
·         Mengidentifikasi penyebab pencemaran lingkungan.
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
·         Menyebutkan cara merawat Iingkungan alam dan buatan
·         Melaksanakan atau merawat ingkungan alam dan buatan
III.  LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A.      KEGIATAN AWAL                                                                        
1.   Doa bersama
2.   Absensi siswa
3.   Appersepsi : Tanya jawab tentang lingkungan sekitar siswa
B.      KEGIATAN Inti                                                                                    
1    Melakukan kebiasaan hidup yang berlaku di masyarakat
2.   Mendengarkan penjelasan
3.   Menganalisa penjetasan
4.   Melaksanakan penjelasan
5.   Melengkapi kalimat penjelasan
6.   Menceritakan pengalaman pribadi
7.   Menjelaskan  si bacaan
8.   Menjawab pertanyaan bacaan
9.   Menyusun paragraf berdasarkan bahari yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
10. Perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
11  Pembagian bilangan tiga angka
12. Menyebutkan nama alat ukur                                                 
13. Menyebutkan fungsi alat ukur
14. Mengukur dengan alat ukur
15. Membandingkan Iingkungan sehat dan tidak sehat.
16. Menjelaskan penyebab pencemaran lingkungan.
17. Menerangkan cara merawat alam dan buatan
(Langkah-Jangkah kegia tan disesuaikan den gan jadwal pelajaran masing­masing sekoIah)
C.     KEGIATAN AKHIR
1.   Siswa melaksanakan tugas portofolio
2.   Pelajaran  ditutup dengan lagu “Menanam Jagung”
IV.  METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A.      METODE
1.   Ceramah                                    4. Tanya Jawab .
2.   Demonstrasi                               5. Tugas
3.   Game
B.      SUMBER
1.   Buku Tematik Kelas
      (Terdiri dan PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
2.   Pengembangan Guru
C.     MEDIA
1.   Kartu bilangan                            2. Kartu huruf
3.   Kantu kata                                  4. Gambar-gambar yang relevan
V.   PENILAIAN
1.   Lisan                                           2. Tertulis
3.   Perbuatan                                  4.  Portofolio
                                          
                                   
Mengetahui,                                                                         Manggala :juni  2011
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas:III



SANGKALA,S.Pd.I                                                                 SUPARDI,S.Pd
NIP:195407051988031006                                                      NIP:196508102006041008



                         RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS III SEMESTER 1
TEMA: PENGALAMAN
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU

I.    KOMPETENSI DASAR
1.   PKN
1.1    Contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
2.   BAHASA INDONESIA
1.1    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
2.2    Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
3.2    Menjelaskan si teks (100- 150 kata) melalui membaca intensif
4.2    Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar
3.   MATEMATIKA
1.3    Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka
2.2    Menggunakan alat ukur dalam pemecahari masalah
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM .
1.3    MendiskriIPSikan perubahari yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhari dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, ekreasi, istirahat, dan olahraga).
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Membuat denah dan peta Iingkungan rumah dan sekolah
II.   INDIKATOR
1.   PKN
·         Memberi contoh kemajemukan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat Mengetahui Iahirnya sumpeh pemuda
2.   BAHASA INDONESIA
·         Mendengarkan dongeng anak
·         Menyebutkan tokoh dongeng
·         Menyebutkan watak dan tokoh
·         Meyusun jadwal kegiatan
·         Menjelaskan cara menyusun jadwal kegiatan
·         MenjeIaskan isi bacaan
·         Menjawab pertanyaan bacaan
·         Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar
3.   MATEMATIKA
·         Perkalian yang hasilnya bilangan bga angka
·         Pembagian bilangan tiga angka
·         Menyebutkan nama alat ukur
·         Menyebutkan fungsi alat ukur
·         Mengukur dengan alat ukur
4.   ILMU PENGETAHUAN ALAM
·         Mengidentifikasi kebutuhari makh!uk hidup.
·         MenjeIaskan apa yang terjadi jika salah satu kebutuhari makhluk hidup tidak terpenuhi.
·         Mempraktikkan cara memelihara dan merawat tanaman/hewan.
5.   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
·         Menerangkan denah
·         Membuat denah
III.  LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A.      KEGIATAN AWAL                                                                        
1.   Doa bersama
2.   Absensi siswa
3.   Appersepsi Menyanyikan lagu “Bangun Tidur”
B.      KEGIATAN Inti                                                                                    
1    Melakukan kebiasaan hidup yang berlaku di masyarakat
2.   Mendengarkan dongeng anak
3.   Menyebutkan tokoh dongeng
4.   Menyebutkan watak dan tokoh



5.   Meyusun jadwal kegiatan
6.   Menjelaskan cara menyusun jadwal kegiatan
7.   Menjelaskan si bacaan
8.   Menjawab pertanyaan bacaan
9.   Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar
10. Perkalian yang hasilnya bitangan tiga angka
11. Pembagian bilangan tiga angka
12. Menyebutkan nama alat ukur
13. Menyebutkan fung.si alat ukur
14. Mengukur dengan alat ukur
15. Mencari informasi kebutuhari manusia, hewan, dan tumbuhari untuk mempertaharikan hidupnya.
16. Memperkirakan yang akan terjadi jikasalah satu kebutuhari makhluk hidup tidak terpenuhi.
17. Mempraktikkan cara memelihara tanaman/hewan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar